Minggu, 10 Oktober 2010

Interaksi Manusia dan Komputer

Interaksi manusia dan komuter (IMK) atau lebih dikenal dengan Human Computer Interaction (HCI) merupakan pembelajaran tentang interaksi antara manusia, computer dan tugas/task.

Sebagai contoh : tombol pilihan untuk save (menyimpan) dan delete(menghapus ) pada menu disuatu aplikasi yang ada dikomputer kita. Kalau saja kita salah menerapkan pilihan ini, maka ia menyebabkan kita kehilangan beberapa jam kerja kita. Walau sebisa mungkin computer dibuat user friendly dan easy to use namun kesalahan-kesalahan itu masih bisa terjadi.

Contoh lain bisa kita lihat pada masalah VCR (video Casette Recorder) untuk menyimpan program-program pada TV kita. Karena terlalu sederhananya malahan kita jadi bingung dengan penggunaan VCR ini. Disisi lain ada contoh begitu banyaknya bahayang ditimbulkan kalau terlalu banyak tombol pada radio dimobil kita untuk seseorang yang lagi mengemudikan mobil.

Disini didapat peralatan-peralatan/system harus desain dengan memperhatikan dan menghargai pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari. Tidak semua desain itu berdasarkan intuisi dan sulit juga membuat desain system yang konsisten dan handal dalam bekerjanya untuk menangani semua perilaku pengguna yang seringkali ceroboh.

Di Amerika, standar badan kesehatan dan keselamatan nasionalnya mewajibkan produsen untuk menyediakan lingkungan pekerjaan dengan system computer yang berguna. Tidak sekedar aman tetapi juga berguna.

IMK berasal dari berbagai disiplin bidang ilmu, teknik dan kesenian.

System interaktif yang dibuat untukk melaksanakan tugas/task yaitu :

¥ User friendly

¥ Mudah digunakan (easy to use)

¥ Masih terjadi error

¥ User yang mahir dalam menggunakan komputer

¥ Option-option dalam word processing, seperti File/save dengan file/delete

IMK meliputi ergonomi dan faktor manusia.

Secara tradisional, ergonomi memfokuskan pada karakteristik fisik mesin dan sistem dan melihat unjuk kerja (performance) dari user.

Faktor manusia merupakan studi tentang manusia dan tingkah lakunya dalam menggunakan mesin, alat-alat teknologi dan sistem dalam menyelesaikan tugas.

Yang terlibat dalam IMK

IMK adalah subjek yang muti-disiplin. Pendesain suatu system yang interaktif melibatkan :

¥ Psikologi dan ilmu kognitif : memberikan dasar pengetahuan tentang persepsi user, kognitif, kemampuan memecahkan masalah

¥ Ergonomi : kemampuan fisik user

¥ Sosiologi : kemampuan memahami konsep interaksi

¥ Ilmu dan rekayasa/teknik computer : membuat/membangun teknologi yang diperlukan

¥ Bisnis : pemasaran

¥ Desain grafis : presentasi interface yang efektif

¥ Penulisan ilmiah : menghasilkan buku manual

Sumber : http://is.its-sby.edu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar