Kamis, 31 Maret 2011

Karangan Ilmiah




BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Usaha pakaian yang semakin pesat dan berkembang belakangan ini, mendorong berbagai macam usaha untuk lebih berkembang dan tumbuh dalam memberikan pelayanan. Di samping itu usaha dalam meningkatkan produk dan jasa sangatlah penting bagi perusahaan tersebut. Distro merupakan tempat dimana untuk mendapatkan berbagai macam pakaian maupun aksesoris, juga dapat berfungsi sebagai tempat berkumpul bersama teman-teman, mengembangkan kreatifitas, dan masih banyak lagi layanan yang kita dapatkan untuk dinikmati oleh berbagai masyarakat. Bagi pengusaha Distro juga harus mengambil keputusan tentang konsumen agar perusahaan maupun usaha yang didirikan dapat bersaing dan berkembang lebih baik, serta kompetitif dalam melakukan strategi yang tepat agardapat bersaing. < !-- more -->

Untuk dapat bersaing dan berkembang lebih baik maka Distro harus mampu mengenal karakteristik perilaku tiap konsumen. Oleh karena itu, analisis perilaku konsumen sangat penting dipelajari oleh Distro-distro tersebut, sebab analisis perilaku konsumen dapat memberikan kontribusi yang sangat besar bagi perkembangan Distro. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap Distro yang didirikan untuk mendapatkan laba yang sebesar-besarnya. Oleh karena itu untuk mendapatkan laba yang diinginkan tergantung pada Distro itu sendiri, baik dari segi produk yangbaik atau tidak baik hasil produksinya maupun dari segi pelayanan terhadap pelanggan.

Jika pelanggan merasa tidak puas dengan produk tersebut akan berdampak negative bagi perusahaan seperti tingkat penjualan yang menurun, yang akan mengakibatkan laba perusahaan semakin berkurang. Sukses tidaknya suatu Distro tidak terlepas dari seberapa jauh produsen atau perusahaan dapat memuaskan pelanggan. “Distro Skymo” merupakan satu diantara banyaknya persaingan Distro yang berkembang di Indonesia dan juga dapat memuaskan pelanggan yang bertempat di daerah Cibinong, Bogor .

Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka penulis ingin mencoba membahas masalah ini sebagai objek dalam penulisan ilmiah dengan judul “ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA DISTRO SKYMO” yang beralamat di Cibinong, Bogor.

1.2 Rumusan dan Batasan Masalah

Rumusan Masalah : Dari uraian yang telah dikemukakan sebelumnya, maka penulis ingin mengetahui bagaimana tingkat kepuasan konsumen yang ada pada Distro Skymo, Cibinong.

Metode-metode yang penulis gunakan dalam penulisan karangan ilmiah ini antara lain :

1. Metode Observasi, yaitu dengan mengamati dan mencatat data secara sistematis.

2. Metode Literatur, yaitu penulis juga membaca dan mempelajari buku-buku tentang teh.

3. Metode Interview, yaitu mewawancara langsung

1.3 Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dan mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Distro Skymo, Cibinong.

1.6 Metode Penelitian

Metode penelitian yang dilakukan penulis dalam menganalisa data adalah :

Objek Penelitian

Penelitian ini dilakukan pada Distro, yang beralamat di Jl. Mayor Oking Cibinong, Bogor yang bergerak dibidang pelayanan jasa pakaian.

Data / Variabel

Data atau variabel yang digunakan adalah berupa data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada pelanggan Distro Skymo yang ditemui dilokasi penelitian.

Metode Pengumpulan Data / Variabel

Cara pengumpulan data yang digunakan penulis untuk mendapatkan data yaitu dengan cara Field Reseach (Penelitian Lapangan) dengan mengumpulkan dan menetapkan beberapa metode, yaitu :

a. Studi Pustaka

Pengumpulan data dengan cara membaca dan mengkaji buku-buku secara teoritis yang berkaitan dengan metode yang dibahas.

b. Studi Lapangan

- Wawancara

Dilakukan untuk mendapatkan data dengan cara mewawancarai langsung pihak perusahaan yang bersangkutan, yaitu pemilik Distro Skymo.

- Kuesioner

Dilakukan dengan cara menyebarkan daftar pertanyaan kepada 50 responden, yaitu konsumen yang berada dilokasi.

- Pengamatan (Observasi)

Dengan melakukan penelitian secara langsung pada Distro Skymo

dengan maksud untuk mendapatkan data-data yang akurat.

Alat analisis yang digunakan Skala Likert. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskritif, variabel pengukurannya menggunakan Skala Likert



BAB 2

PEMBAHASAN

2.1 Objek Penelitian

Objek penelitian dalam penulisan ilmiah ini adalah pelanggan Distro Skymo, yang beralamatkan di Jl. Mayor Oking, ITC Cibinong Blok B No 17 yang sedang berbelanja ditempat tersebut. Outlet pakaian Skymo adalah jenis Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menjual pakaian serta aksesoris berupa kaos oblong, celana panjang, celana pendek, jaket, topi, ikat pinggang, dompet, tas, sandal dan sepatu.

2.2. Data / Variabel yang digunakan

Untuk menghasilkan penelitian ini maka data yang diambil penulis adalah data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti. Dalam hal ini data diperoleh dari hasil pengisian daftar pertanyaan (kuesioner) kepada subjek yang bersangkutan dalam penelitian, subjek penelitian tersebut adalah konsumen pada saat berbelanja di Distro Skymo yang ditemui dilokasi penelitian.

2.3 Metode Pengumpulan Data

Cara pengumpulan data yang digunakan penulis untuk mendapatkan data yaitu dengan cara Field Reseach (Penelitian Lapangan) dengan mengumpulkan dan menetapkan beberapa metode, yaitu :

a. Studi Pustaka

Pengumpulan data dengan cara membaca dan mengkaji buku-buku secara teoritis

yang berkaitan dengan metode yang dibahas.

b. Studi Lapangan :

Wawancara

Dilakukan untuk mendapatkan data dengan cara mewawancarai langsung pihak perusahaan yang bersangkutan, yaitu pemilik Distro Skymo.

Kuesioner

Dilakukan dengan cara menyebarkan daftar pertanyaan ke

pada 50 responden, yaitu konsumen yang berada dilokasi.

Metode ini dilakukan dengan memberikan kuesioner yang berisi daftar pertanyaan-pertanyaan yang dibagikan kepada 50 pelanggan Distro Skymo, untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan.

Adapun daftar pertanyaan-pertanyaan dari tiap dimensi adalah sebagai berikut :

1. Harga

- Harga sesuai dengan segmen pasar

- Adanya Potongan harga

2. Lokasi

- Lokasi yang strategis

- Transportasi yang menunjang

3. Kualitas pakaian dan Kelengkapan produk pakaian

- Produk pakaian yang baik dan berkualitas

4. Iklan dan Promosi

- Iklan dan Promosi yang menarik

- Informasi iklan yang dipercaya

5. Personel dan Pengelola

- Pengetahuan dan wawasan produk pakaian yang baik

- Keramahan dan Kesopanan

6. Faktor fisik Distro

- Cara penyajian produk pakaian

- Dekorasi Distro yang indah dan menarik

7. Atmosfer Distro

- Suasana Distro yang nyaman.

8. Pelayanan yang diberikan

- Kemudahan, kecepatan, dan ketepatan dalam memilih produk pakaian.

2.4 Alat Analisis Yang Digunakan

Alat Analisis

Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskritif yang tujuannya adalah membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki, dan variabel pengukurannya menggunakan skala likert.

Menurut J. Supranto (2003:27), penggolongan kategori tiap indikator dihitung berdasarkan nilai yang diperoleh dari hasil kuesioner dengan cara mengalikan besar bobot (nilai) pada kategori tertentu yang telah ditetapkan dengan jumlah responden yang menjawab masing-masing kategori tersebut.

Berdasarkan jumlah responden 50, maka dapat ditentukan bobot penilaian dengan menggunakan jarak, yang dapat dihitung melalui nilai tertinggi dan terendah sebagai berikut :

A Nilai tertinggi = Total responden x bobot tertinggi

= 50 X 5 = 250

B. Nilai terendah= Total responden X bobot terendah

= 50 X 1 = 50

C. Jarak = Nilai tertinggi – nilai terendah

= 250 – 50 = 200

D. Interval = Jarak / Banyaknya kelas

= 200 / 5 = 40

Maka ditentukan pengelompokan sebagai berikut:

Tabel 2.2

Kelas Interval dan Penilaian


2.5 Data dan Profil Objek Penelitian

Bermula dari hobi membuat desain-desain kaos untuk anak muda, desain yang mereka buat ternyata cukup digemari oleh sebagaian anak muda di daerah Cibinong dan sekitarnya. Maka untuk dapat lebih mudah dalam mereka berkreatifitas didirikanlah Distro Generasi 8 tahun 2007 di Jl Mayor Oking, ITC Cibinong Blok B No 17 dengan hanya bermodalkan uang Rp 20.000.000,-. Pada akhir tahun 2008 Distro Generasi 8 berganti nama menjadi Distro Skymo. Dalam perkembangannya Distro Skymo selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada seluruh konsumennya. Maka untuk selalu memberikan kepuasan kepada konsumen produk-produk yang dipasarkan oleh Distro Skymo adalah produkproduk yang sedang diminati oleh remaja sekarang ini.

2.6 Hasil Penelitian dan Analisis Pembahasan

Pada bab ini akan dibahas hasil penelitian dari tingkat kepuasan konsumen atas pemilihan Distro Skymo dengan mengajukan 14 pertanyaan yang dibagi menjadi

delapan dimensi yaitu harga, lokasi, kualitas dan kelengkapan produk pakaian, iklan dan promosi, personel pengelola, faktor fisik Distro, Atmosfer Distro, dan pelayanan yang diberikan kepada 50 orang konsumen di Distro Skymo. Survey dengan menggunakan kuesioner tersebut dilakukan selama 3 minggu.

2.7 Harga produk yang sesuai dengan Segmen Pasar

Harga yang ditawarkan oleh Distro Skymo sangat bersaing sekali bahkan dikatakan sama dengan harga pasar.sehingga yang ditawarkan oleh Distro Skymo ini diakibatkan karena segmen pasar mereka yang lebih mengarah pada segmen pasar menengah ke bawah. Penilaian diatas didukung oleh pendapat responden sebanyak 72 % menyatakan puas bahkan sangat puas yang mempengaruhi konsumen untuk memilih Distro Skymo sebagai tempat untuk memilih pakaian. 22 % cukup puas dan 6 % yang menyatakan tidak puas. Jumlah nilai yang diperoleh sebesar 189. Hal ini menunjukan bahwa kebijakan harga sesuai dengan segmen pasar dikategorikan puas. Hasil pendapat responden dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Tabel 2.3

Penilaian responden terhadap Harga Produk sesuai dengan Segmen Pasar

Sumber : Hasil Kuesioner

2.8 Adanya potongan Harga

Selain harga yang ditetapkan dan ditawarkan, Distro Skymo juga memberikan potongan harga khusus pada barang-barang tertentu untuk menghabiskan persediaan barang biasanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu, antara lain pada pergantian tahun dan pada hari-hari besar seperti Lebaran dan Natal. Adanya potongan harga ini dinilai baik dan efektif untuk menarik konsumen memilih Distro Skymo.

Hal ini didukung oleh pendapat 50 responden sebanyak 64 % yang menyatakan puas bahkan sangat puas adanya potongan harga pada Distro Skymo, 24 % cukup puas dan 12 % yang menyatakan tidak puas. Jumlah nilai yang diperoleh sebesar 190. hal ini menunjukan bahwa penilaian konsumen terhadap adanya potongan harga dikategorikan puas. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada table berikut :

Tabel 2.4

Penilaian responden terhadap Adanya potongan Harga

Sumber : Hasil Kuesioner


BAB 3

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Berdasarkan analisa dan pembahasan sebelumnya dapat diambil kesimpulan bahwa dari 50 responden menyatakan puas terhadap Distro Skymo, Cibinong. Dan dapat dilihat bahwa hal yang disukai konsumen adalah keramahan dan kesopanan personel pengelola dengan nilai 205, dan merasa puas, kemudian yang tidak disukai oleh konsumen adalah iklan yang menarik dengan nilai 169, dan merasa cukup puas. Lalu dari rata-rata keseluruhan bahwa Distro Skymo memberikan rasa puas dengan nilai 191, dimana nilai tersebut dikategorikan puas dengan kelas interval 170 – 209.

3.2 Saran

Setelah mengevaluasi mengenai kepuasan konsumen pada Distro Skymo, Cibinong maka penulis dapat memberikan saran sebagai berikut : Distro Skymo, Cibinong agar mempertahankan keramahan dan kesopanan personel pengelola dan meningkatkan usahanya agar dapat memberikan iklan yang menarik kepada konsumen. Karena dari rata-rata keseluruhan yang ada pada Distro Skymo, konsumen merasakan puas dan Distro Skymo, Cibinong yang pada akhirnya akan meningkatkan laba dan citra Distro Skymo itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar