Rabu, 28 September 2011

Aplikasi Identifikasi Ikan Cupang



Perkembangan Teknologi Informasi hingga saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat sehingga memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi. Teknologi Informasi banyak digunakan untuk mengolah data, yaitu menghasilkan informasi akurat dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis dan pendidikan. Salah satunya adalah perkembangan mobiledevice yang berbasis platform android. Android merupakan platform yang lengkap, mulai dari sistem operasi, aplikasi, dan dukungan dari komunitas open sistem. Perkembangan smartphone saat ini berbanding lurus dengan perkembangan teknologi. Smartphone merupakan salah satu gadget yang banyak digunakan masyarakat karena paling praktis dan menyediakan banyak aplikasi yang memudahkan penggunanya dalam memperoleh informasi. Salah satunya adalah aplikasi yang digunakan untuk mendapatkan informasi dari ikan cupang.

Ikan hias, khususnya ikan cupang belakangan ini diminati oleh banyak orang karena beraneka ragam jenisnya, mulai dari warna, bentuk ikan yang unik, kemudahan dalam perawatannya, serta harganya yang sudah terjangkau tergantung dengan jenis, bentuk, dan nilai jual ikan itu sendiri.

Selain beraneka ragam jenisnya, informasinya juga berkembang sangat cepat melalui banyak media informasi diantaranya : majalah, dengan majalah kita bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang ikan hias, seiring berkembangnya perangkat mobile, media informasi seperti majalah kurang diminati karena harus mengeluarkan biaya dan waktu untuk membeli majalah, selain itu informasi yang didapatkan dari majalah membinggungkan kita untuk memilih informasi mana yang akan diterapkan dan pencarian informasinya tidak bisa kita lihat dimana saja. Dengan berkembangnya perangkat mobile kita bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan tanpa harus mengeluarkan biaya dan waktu, serta informasinya bisa kita lihat dimana saja.

Oleh karena itu saya menyajikan suatu aplikasi identifikasi ikan cupang dengan menggunakan platform android yang mudah untuk dilihat dimana saja dan kapan saja melalui perangkat telepon seluler. Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah pengguna mencari tahu semua informasi ikan hias, tanpa harus binggung memilih informasi mana yang akan diterapkan karena penyajian informasi didalam aplikasi ini sudah diringkas, sehingga memudahkan kita untuk melihat informasi dimana saja dan kapan saja menggunakan teknologi telepon seluler.
Berikut adalah printscreen dari program tersebut :

Tampilan Menu Utama



Tampilan Menu Pencarian ikan



Tampilan Menu Daftar Ikan


Tampilan menu daftar Ikan Cupang Alam



Tampilan hasil dari menu pencarian ikan dan menu daftar ikan


Tampilan menu Galeri Ikan



Tampilan Menu Galeri Ikan hias



Tampilan Menu Catatan Pengguna



Tidak ada komentar:

Posting Komentar